Jumat, 29 April 2016

Lima Puluh Ribu



Apa arti 50 ribu buat loe, cuma loe yang tau.  Tapi gue punya story asyik sama 50 ribu. 
gbr dari google
 
Belasan taon lalu, waktu UMP Sulut masih sekitar 350 ribuan per bulan,  gue ngga tau mau makan siang apa hari itu.  500 perak aja ngga ada di dompet.  Padahal sepiring nasi sama lauk 2500 udah dapet.  Tapi jangankan sepiring, setengahnya aja gue ngga bisa beli.  Gaswat, alamat nahan laper seharian kan.

Sebagai orang yang ngga doyan berdoa, hehehe…gue cuma mikir ‘kita liat aja nanti’

Waktu jam istirahat kerja, gue berencana pulang ke rumah kontrak yang kebetulan jaraknya cuma deket dari tempat kerja.  Pas udah di seberang jalan, gue denger suara perempuan tereak nyebut nama gue.  Pas gue tengok, di mikrolet yang ngelintas perlahan, seraut muka asing senyum ke gue.  Terus dia nyebutin namanya sendiri.  Masih sedikit bingung, dan berusaha mengingat-ingat si pemilik wajah, dia ngelempar sesuatu ke arah gue sambil bilang “Maaf, ambil ya, cuma ini…” dengan senyuman sumringah.

Gue mendekat, dan liat benda apa yang di lemparnya, trus gue punggut.  Astaga, selembar 50 ribuan yang di kucel-kucel.  Pas gue nengok, mikrolet udah menjauh.  Lambaian tangan si pelempar uang masih sekilas membayang.  Gue bengong utuh ngga percaya.

Gue masukin selembar uang yang udah gue rapihin ke kantong, dan memastikan ngga bakal jatoh, sambil mengingat keras nama yang dia sebutin tadi.  Akhirnya gue inget.  Rupanya sang dermawan tadi adalah salah satu dari belasan mahasiswa yang pernah gue bantuin penelitiannya sekitar 10 taon lalu.

Buat mereka yang punya puluhan ato ratusan juta, bisa aja cuma senyum baca story gue.  Tapi buat gue, uang segitu itu pada waktu itu, teramat sangat berarti.  Dan walau gue sering ragu sama yang namanya mukjizat, tapi hari itu gue takjub karena ternyata mukjizat juga sempet-sempetnya menghampiri gue.

Dan 50 ribu saat ini, mmmhhh,..cuma uang transport 2 hari cewek gue yang SMP.  Alamak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar